Dunia Kopi Indonesia

hoalaa ketemu lagi dengan Riska :). di posting kali ini, sesuai dengan janji Riska kemaren, Riska bakalan ngebahas kopi-kopi khas yang ada di Indonesia, ya walaupun gak banyak,hehehe

langsung aja ke pokok pembahasan ya..yuk mari~

1. kopi joss, kopi arang ala yogyakarta

kalo kalian berkunjung ke yogya, jangan lupa mampir ke warung kopinya Pak Man yang ada di sebelah utara stasiun tugu. Kenapa? Karena Warung ini menyediakan kopi yang lain dari yang lain. Kopinya dicampur sama ARANG. Kalian tau kan arang? itu lho yang biasanya buat manggang sate ama bakar-bakar gitu. Tapi kok dimasukin ke kopi ya? Apa rasanya?hehehe rasanya? enak kok(padahal sendiri belum nyobain #gubrak) lha?buktinya warung Pak Man ini gak pernah sepi pengunjung. Pak Man ini memanfaatkan arang yang konon bisa menetralisi asam lambung. keren ya, ternyata arang itu berguna juga buat tubuh kita. Penasaran sama rasanya? dateng aja langsung ke Warungnya pak Man yang buka dari pukul 17.00 sampai dini hari. di jamin, lidah kalian bakalan ngerengek minta lagi.hihihi

2. kopi susu khas waddaddah 

warung kopi yang beralamatkan Jalan Gegerkalong Hilir No 128, bandung ini ternyata hanya menyediakan kopi susu saja. tapi tentu saja bukan kopi susu yang ada biasanya.  Di Warung Kopi Waddaddah sendiri ada 5 level racikan kopi dengan komposisi susu yang berbeda, yakni ‘Kopi Susu Manis’ (disajikan dengan campuran susu yang kental), ‘Kopi Susu Tipis’ (disajikan dengan campuran susu yang lebih sedikit), ‘Kopi Susu Duatellue’ (dengan campuran susu yang pas), ‘Kopi Susu Tebal’ (susunya tipis, tapi kopinya tebal), Kopi Hitam Waddaddah (original kopi tanpa kombinasi susu).‘Kopi Susu Duatellue’, ini unik lho teman. Pertama disajikan susunya masih mengendap, sedangkan kopinya sangat pekat dan mengoarkan aroma pahit. dan Sebelum kedua campuran tersebut ‘dikawinkan’, rasa kopinya benar-benar pahit. Tapi, waktu semua udah kecampur, rasanya? gak usah dipertanyakan lagi. Pas, Mantap hehehe

3. kopi dengan saringan berbentuk menyerupai kaus kaki khas Belitong

jorok, masak nyaring kopi pake kaos kaki? hahaha jangan salah teman. bukan kaos kaki, tapi seperti kaos kaki. warung manggar namanya, karena terletak di pasar manggar belitong timur. negeri laskar pelangi ini bukan hanya terkenal dengan panorama batu pantainya yang menakjubkan tapi juga kopinya yang membuat keriting lidah. hehehe bagi pecinta kopi, wajib nyobain kopi khas belitong ini. cara penyajiannya beda lho. biasanya kan kita buatnya per gelas, ini enggak. dibuat dalam porsi jumbo dalam ketel yang jumbo juga, baru deh di masukin ke gelas-gelas sembari disaring dengan saringan yang menyerupai kaos kaki itu. rasanya bukan rasa kaos kaki kok. rasanya Belitong banget daah, pokoknya kalo kalian lagi liburan ke belitong sempet-sempetin deh nyobain kopi khas belitong ini.

4. Kopi luwak yang mendunia

seperti yang sudah Riska terangin di posting sebelumnya, kopi luwak ini berbeda dari yang lain. kopi ini berasal dari biji kopi dalam perut musang alias poopnya musang! heehe tapi tenang, ternyata biji kopi ini biji kopi biasa yang di telan sama musang. terus gak semua biji bisa di cerna, jadi deh keluar lagi dalam bentuk yang sama. proses pengeluarannya aja gak bisa, apa lagi rasanya? rasanya LUAR BIASA. buktinya kopi ini jadi kopi termahal diseluruh dunia. cita rasa kopi ini lah yang ngebuat para pecinta kopi dunia jadi jatuh cinta sama nya. keren ya~

nah, gimana? info yang Riska dapat lumayan kan? ya walaupun cuman ada beberapa tapi semoga bisa nambah info-info yang kalian cari dan semoga berguna ntarnya. hehehe

sekian dulu ya posting riska kali ini. sampai jumpa di posting selanjutnya~

😀

source: detik.com, mbah google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s