Masak?Siapa takut? bag. pertama

suatu hari . . .

kak ita   : “ka, kita masak yuk?”

aku        :  “masak apa kak?”

kak ita   : “emmm enaknya masak apa ya??kamu maunya masak apa ka?”

aku        : “aku sih terserah kak Ita aja”

kak ita   : “oseng tempe ma bayem aja yuk?ntar kita isi macem macem aja, jagung ato bakso gitu?gimana?”

aku        : “hmmm boleh deh ”

dan akhirnya, malam itu kita belanja bareng buat masak besok paginya. Kita beli tempe, bayem, bawang merah, bawang putih, sweet corn, cabe, tomat, kentang, bakso ayam dan bahan penting lainnya.

kita sebagai cewek pasti sering di tanya”bisa masak?”. Yang bisa masak sih langsung jawab ‘bisa’, tapi bagi orang yang gak bisa, ya senyum aja 🙂

Sebenernya masak itu gak susah kok, kalo ada bahan ma alat yang lenggap, masak itu jadi asyik banget.sebenernya ni ya, seorang riska itu dulunya cuman bisa ngerebus air ma masak mie doang, ngerebus telor aja dulu gak bisa nge-bedain antara yang udah mateng ama yang belum mateng. Parah kan? Tapi,, karena riska anak yang rajin, mau berusaha, dan pantang menyerah. . . jadi deh riska sekarang  bisa masak, yaa walaupun bukan masak yang kayak chef-chef di hotel berbintang, tapi lumayan laah buat bekal awal jadi istri entar. iya gak??

nah, sesuai dengan percakapan sebelumnya, riska bakalan ngejelasin cara masak makanan di atas. Nah, siapkan kertas dan pulpen bagi kalian yang mau coba-coba di rumah ya 🙂

Oseng Potape(oseng potato tempe)

bahan :

tempe secukupnya

kentang 2 buah

cabe secukupnya

tomat kecil 1 buah

bawang merah 4-5 buah

bawang putih 3-4 buah

cara memasak :

1. potong tempe dan kentang yang sudah dikupas dan di bersihkan sebelumnya dengan bentuk yang kalian suka, boleh potong dadu, potong memanjang atau tipis, sesuaikan dengan selera kalian

2. goreng tempe dan kentang di minyak panas sampai setengah matang atu warnanya berubah kecoklatan. setelah setengah matang, angkat dan tiriska

3. untuk bumbu tumisan, ulek bawang merah, bawang putih, dan cabe.(sebelum ngulek bahan bahan itu, tambahin garem secukupnya biar nguleknya enak :). setelah bahan-bahannya ke campur, tambahin tomat secukupnya, terus ulek lagi deh.

4. setelah bahan tumisan selesai di ulek, panaskan minyak di wajan secukupnya. setelah minyak panas, masukkan bumbu, tumis sampai harum

5. tambahkan gulan garam secukupnya. masukkan tempe dan kentang yang udah di goreng sebelumnya, aduk di atas api sedang sampai bumbu rata.

6. setelah bumbu rata dan masakan kita udah agak kering, angkat. Dan Oseng Potape pun siap di hidangkan :

ps: nih riska attach foto oseng potape yang riska buat. Nah, selamat mencoba 🙂

oseng potape

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s